Undangan Menulis Buku: Solidarnos

SOLIDARNOS
Kumpulan Esai Pembaca
Balada Si Roy – Gol A Gong

BALADA SI ROY FOUNDATION mengundang kawan-kawan pembaca/pecinta Balada Si Roy untuk menuliskan pengalamannya selama membaca BSR. Nantinya tulisan-tulisan tersebut akan diterbitkan ke dalam sebuah buku dengan judul Solidarnos; Kumpulan Esai Pembaca Balada Si Roy – Gol A Gong.

Tulisan bisa berupa pengalaman pertama kali membaca BSR, alasan mengapa menyukai BSR, efekbaik positif maupun negatifdari membaca BSR, hal-hal yang terbentuk (sikap, cara pandang, nilai-nilai, dsb) setelah membaca BSR, hal-hal yang dianggapoleh diri sendirisebagai lompatan setelah membaca BSR, pengalaman batinbaik setelah membaca BSR maupun ketika bertemu dengan pengarang BSR, pengalaman punya banyak pacar, sering ditinggal pacar, bolos sekolah, keluyuran, berkelahi, kejar-kejaran dengan kondektur kereta api, bertualang, mendaki gunung, hingga memiliki sahabat di banyak tempat berkat membaca BSR. Mudahnya: pengalaman apa pun yang dirasakan setelah membaca BSR, hingga setiap selesai membaca sebuah bab dalam BSR, tanpa sadar kamu akan menghela napas sambil berkata lirih pada diri sendiri: “Gue banget!”

Tulisan bisa serius, akademis, boleh juga santai. Namun harus dalam bentuk esai. Bukan sajak, bukan pantun, bukan gurindam, apa lagi lirik lagu yang berisi kerinduan pada mantan pacar. Bukan!

Speksifikasi naskah:
Naskah ditulis sebanyak minimal 5 halaman, maksimal 7 halaman ukuran A4, menggunakan font Times New Roman 12 point, dengan spasi 1,5. Dilengkapi nama lengkap, profesi, serta kota tempat tinggal.

Naskah dikirim dalam attachment melalui e-mail ke:
baladasiroy.foundation@gmail.com

Dengan subject e-mail: judul naskah
Nama file: judul naskah + nama penulis

Batas akhir penyerahan naskah:
10 Desember 2015

Jadwal terbit:
Setelah seluruh naskah terkumpul, panitia akan melakukan tahap pracetak (editing, layout, desain), hingga cetak. Maka buku Solidarnos akan dijadwalkan terbit pada bulan Maret 2016. Bertepatan dengan 27 tahun usia BSR.

Pengumuman ini bukan lomba, undian, apa lagi ajang pencarian bakat. Melainkan undangan untuk menulis. Tidak ada hadiah atau pemenang. Semua berangkat dari pemikiran: ada begitu banyak yang mengaku terinspirasi setelah membaca BSR. Kisah-kisah tersebut berceceran. Mulai dari kisah cinta yang terlunta-lunta hingga keberanian menyambangi berbagai belahan bumi. Semua gara-gara membaca BSR. Sungguh sayang jika kisah-kisah tersebut sekadar mampir di ruang-ruang perbincangan lisan sembari menyeruput kopi. Tetap menarik, namun pada akhirnya bakal menguap begitu saja. Untuk itulah upaya menyatukan kisah-kisah yang berceceran tersebut coba kita hadirkan dalam bentuk buku. Verba volant, scripta manent. Yang terucap akan hilang, yang tertulis akan abadi.

Buku Solidarnos akan diterbitkan secara POD (Print on Demand). Di mana kita membiayai ongkos produksi secara gotong royong. Nantinya, setiap kontributor diminta kerelaannya untuk urun membiayai ongkos produksi 1 (satu) eksemplar buku yang memuat tulisannya. Perkiraan ongkos produksi untuk 1 (satu) eksemplar buku tidak akan mencapai Rp 100 ribu. Setiap kontributor boleh memesan/mencetak lebih dari 1 (satu) eksemplar buku.

Sekali lagi ini bukan lomba, melainkan undangan untuk menulis. Ini murni proyek non profit, tidak ada unsur paksaan, dan ditujukan bagi yang berminat saja. Jika nantinya ada non kontributor tertarik membeli, dan ada selisih antara harga jual dengan ongkos cetak, maka hasil selisih tersebut akan didonasikan untuk kas Rumah Dunia. Tetap, semua ini sekadar usaha untuk mendokumentasikan semangat yang pernah kita miliki terhadap BSR. Agar apa yang pernah kita perbincangkan tidak menguap begitu saja. Esensinya ada di semangat kebersamaannya.

Demikian undangan ini diumumkan. Ditunggu naskah-naskah cihuy-nya…🙂

Salam ehem!
―Balada Si Roy Foundation―

Catatan:
Mas Gol A Gong, pengarang BSR, begitu antusias menyambut gagasan penerbitan buku Solidarnos tersebut. Dan dengan indahnya telah menyisihkan dana sebesar Rp 500 ribu untuk urun biaya produksi. Kami dari panitia mengucapkan banyak terima kasih atas support beliau yang tak berbatas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: