Cinta Terlarang Roy dan Dullah Kepada Dewi Venus

[Blue Ransel]
oleh Gol A Gong

Di dalam menulis novel, kita harus berpikir tokoh baik (protagonis) dan buruk (antagonis). Juga kita harus menghidupkan para tokoh. Para penulis pemula selalu lalai melakukannya. Roy adalah tokoh di posisi baik walaupun karakternya “bad boy”. Sedangkan Dullah tokoh antagonis, yang memang menyebalkan.

Ada teori “soap opera convention“, yaang mnegusung tema-tema populer. Di jagat penulisan novel atau juga film, ada 4 tema populer; forbiden love, conflict two family, Cinderella Syndrome, dan odiephus complex. Untuk novel serial Balada Si Roy, saya mengambil 2 tema; forbiden love dan conflict two family.

Roy dan Dullah mencintai wanita yang sama. Wanita itu ibarat Dewi Venus. Dua lelaki bertekuk lutut di kaki si Dewi Venus. Tapi, kedua lelaki itu membawa cinta abdi mereka, tanpa bisa bersatu. Apakah kamu juga begitu: cinta sejati dibawa mati?

Nah, sekarang Balada Si Roy sedang pra-produksi. Para pemerannya Ramon Y Tungka (Roy), Furry Citra Delliana (Ani), dan Mario Lawalata (Dullah). Kita lihat nanti, bagaimana produser, sutradara, dan pemain mewujudkan apa yang sudah ditulis dalam bentuk skenario oleh saya.

Pemilihan pemain juga memakai metode partisipatif; para pembaca Balada Si Roy di group Sahabat Balada Si Roy dilibatkan. Kata Imam Ghozali selaku produser dari Blue Star Marine yang akan memproduksi Balada Si Roy ke dalam film mengatakan, “Baru pertama kali di dalam produksi sebuah film, kami selaku Production House, total melibatkan pembaca bukunya. Biasanya, langsung diproduksi, disuguhkan kepada khalayak.” Jika tidak ada halangan, kata Imam, film Balada Si Roy akan beredar di bioskop pada Februari 2013.

Jika ada yang tertarik membeli buku skenario film layar lebar Balada Si Roy, harganya Rp. 197.000,- dapat bonus kesepuluh buku Balada Si Roy edisi boxset, terbitan terbaru dari Gramedia Pustaka Utama. Akan diluncurkan pada Sabtu 17 November 2012, pukul 14:30 di panggung utama Indonesia Book Fair, Istora Senayan, Jakarta. Seratus pembeli pertama dapat tandatangan pengarangnya.

* * *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: